Monday, March 23, 2009

Aneka Rasa PEMILU



Kurang brapa hari lagi ya PEMILU..?
Ah.. saya tak bisa menghitung, lagipula tak ada efeknya untuk saya,

Waktu saya masih SD jelas terekam dalam memory saya tentang "elok-elok bawang" atau "ikut-ikutan" kampanye (yang jelas partainya masih 3 aja,yang ijo-merah-kuning doank)
Sebagai anak yg ortunya 2-2 nya PNS, otomatis romantis ya ikutan kampanye Partai Kuning cap
Padi-Kapas-Beringin
.

Waktu itu siang-siang panas-panas ria dipakein baju kuning ngejreng, sekeluarga ke kantor kelurahan Jepang eh.. Jepun, "absen dulu" begitu kata ibu dan bapak saya,
setelah tanda tangan, bergeraklah kemana arah kampanyenya, ntah di lapangan apa saya lupa..
Berdengunglah kata-kata para bapak-bapak, ibu-ibu, dan saudara-saudara sekalian yang setengah mengomel atau setengah terpaksa ikut acara ini, intinya = "kalau nggak wajib, yo wegah panas-panas ngene iki.."

Sekali waktu arah kampanye pindah lagi..
Saya pun masih ingat juga, bendera partai lain dicabut oleh peserta kampanye partai satunya lagi..
Saya juga masih ingat, saat akhirnya presiden dan wakil presiden mulai terpilih,
Guru kelas mewajibkan nonton setiap sidang MPR dan DPR, untuk besoknya diceritakan ulang didepan kelas, dan saya tak mewajibkan diri saya ikut menikmati TV hitam putih 14 inch hanya untuk melihat sidang yg isinya orang-orang berdasi yg setengahnya matanya terpejam.
Seperti sudah tertata, otomatis juga presidennya itu-itu juga, paling cuma wakilnya yg ganti..mending saya main dengan adik-adik saya, main ayun-ayunan dan masak-masakan :)
(hal ini rupanya berlaku juga untuk susunan para menteri, para anak-anak jaman saya pasti sangat hafal susunan para menteri yg pasti muncul dalam ulangan harian dan ulangan Cawu)

Ketika gelaran PEMILU baru tahun 2004, untuk pertama kali saya punya hak pilih,
tak tanggung-tanggung, saya tercantum di Malang dan Tulungagung,karena saya temporary sekolah di Malang dan permanently stay di tulungagung.
karena baru pertama kali punya hak pilih, saya jelas pengen tau gimana rasanya,,
dengan langkah lebar sambil tersenyum (senyum ama para tetangga lah.. senyum sendiri gila donk..hehe..)
kali ini saya memilih di tulungagung, tempatnya di SD saya hehe...
celup ke tinta, dikasih lembaran surat suara, dan masuk bilik..
wajah bingung .. liad foto" orang banyak banget dan ngga saya kenal semua.. dengan santainya saya pilih aja yg paling ganteng, hehe..
untuk presiden.. jelas juga yg paling ganteng.. pak SBY..
faktor x saya memilih pak SBY, adalah karena anaknya juga ganteng hahahhaa...

tahun ini gelaran PEMILU terulang lagi,
kali ini saya di Kalimantan Tengah, walau saya kurang gaul dengan warga dsini,
saya masih mengenali orang-orang yg bakal jadi penghuni sementara kursi amanah rakyat,
ada bapak A yg koordinator kuliah saya, mbak E yg temen kuliah saya juga tetangga rumah, pak B yg punya armada bus antar provinsi, atau bapak S yg mantan suami artis US yg punya log kayu besar dsini..
di Tulungagung pas pulang bentar kmaren saya juga nemu nama yg saya kenal.. adik nya seseorang..
tapi yg jelas.. untuk gelaran tahun ini saya memastikan TIDAK akan ikut!!

tanya keNaPa??
soalnya saya tidak terdata disini hehehe...
saya juga ga minat daftar untuk jadi pemilih..
bukan karena apa..
saya ngga merasa ada fungsinya juga saya memilih..
kalau ada yg bilang nanti rugi.. apa yg rugi?
toh yang saya tau pusingnya ngatur duit dan nyari duit aja, ga peduli gonta-ganti sebanyak apapun presiden, siapapun yg duduk di DPRD atau DPR,
tetep aja secara simple.. kita sendiri yang tau harus bagaimana.. mengandalkan orang lain tak akan menyelesaikan masalah bukan??

No comments: